16.30.00
0
Dalam ekspedisi di Kepulauan Hawaii Barat Laut, peneliti dari National Oceanic Atmospheric Administration (NOAA) menemukan spons laut berukuran 3,5 meter di kedalaman 2.100 meter di bawah permukaan laut. Spons laut mirip dengan selimut yang terlipat ini diperkirakan menjadi spons laut terbesar dan tertua yang pernah ditemukan.



Spons laut yang berasal dari famili Rossellidae ini berukuran panjang 3,5 meter, tinggi dua meter dan lebar 1.5 meter. Sebelumnya, spons laut terbesar yang ditemukan berada di laut Kanada dengan ukuran panjang 3,4 meter, tinggi 1,1 meter dan lebar 0,5 meter.

Bukan cuma terbesar, spons laut raksasa ini ditemukan di Papahānaumokuākea Marine National Monument, juga diperkirakan sebagai hewan  tertua di bumi. Spons laut memang dipercaya sebagai hewan pertama yang berevolusi di bumi.

David Wegner dari NOAA mengatakan, organisme yang hidup di laut dalam bertumbuh sangat lambat, sehingga mereka membutuhkan habitat yang stabil dalam waktu lama agar bisa terus tumbuh menjadi lebih besar, dan tidak tahu berapa tepatnya umurnya karena spons tidak memiliki lingkaran tahun yang bisa digunakan untuk memperkirakan umurnya. Tapi bisa diketahui bahwa beberapa spesies karang yang hidup dalam kedalaman itu bisa hidup selama ratusan atau bahkan ribuan tahun, dan yang paling tua berusia 4.500 tahun.

Walaupun tim peneliti ini belum berhasil menentukan umur dari spons laut tersebut, mereka menemukan spesies raksasa lainnya di daerah perairan yang lebih dangkal, yang sudah hidup selama 2.300 tahun.

Karena penemuan spons laut raksasa di the Papahānaumokuākea Marine National Monument ini, para peneliti menjelaskan bahwa area tersebut harus dilindungi dengan sebaik-baiknya. Papahānaumokuākea sendiri merupakan konservasi laut terbesar yang menjadi rumah bagi lebih dari 7.000 spesies.


Sumber: http://www.intisari-online.com/read/peneliti-temukan-spons-laut-yang-diklaim-terbesar-dan-tertua-di-bumi

0 komentar:

Posting Komentar