09.00.00
0
Laut adalah tempat yang masih menyimpan jutaan misteri. Salah satu temuannya terbarunya adalah Mimic Octopus ini bisa berubah bentuk menjadi 15 hewan lainnya dalam sedetik. Mimic Octopus adalah hewan laut yang sangat unik. Ia bisa berubah bentuk menjadi 15 spesies lainnya dalam waktu sekejap. Hewan ini pertama kali ditemukan tahun 1998 di laut Sulawesi, Indonesia, tepatnya pada bagian dasar sungai yang berlumpur.



Sejak saat itu hingga dua tahun setelahnya, peneliti mengobservasi hewan ini secara mendalam dan menemukan fakta bahwa mimic octopus bisa berubah bentuk menjadi sembilan spesies lainnya mulai dari ular laut, ikan singa, ikan datar, dan lain-lain.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa mimic octopus akan berubah-ubah bentuk sesuai keadaan. Ia juga akan berubah bentuk saat hendak kembali ke sarangnya. Mimic octopus sangatlah hebat karena tak hanya meniru warna dan bentuk spesies lain, ia juga bisa meniru gerak-gerik spesies yang ditirunya dengan baik.

Selama ini gurita memang dikenal sebagai spesies yang sangat pintar dan bisa mengubah warnanya saat terancam. Namun hingga saat ini, belum pernah ada gurita yang lebih pintar dari spesies mimic octopus ini. Mimic octopus tak hanya berubah warna namun juga mengubah perilaku dan bentuk tubuhnya dalam sekejap. Hewan ini hingga saat ini masih terus diteliti karena peneliti menduga ia masih bisa ‘berubah’ menjadi spesies lainnya.


Sumber: http://www.intisari-online.com/read/mimic-octopus-ini-bisa-berubah-bentuk-menjadi-15-hewan-lainnya-dalam-sedetik

0 komentar:

Posting Komentar