06.30.00
0
Aktivitas yang memerlukan mata untuk fokus jarak dekat seperti membaca buku atau di depan layar elektronik sering dilakukan banyak orang. Bila dilakukan terlalu lama maka hal ini dapat melelahkan otot-otot mata.




Agar mata tetap sehat disarankan oleh dokter agar seseorang beristirahat setiap dua jam melihat layar atau membaca. Alihkan pandangan ke arah pemandangan hijau jauh setidaknya selama 10 menit.

dr Gitalisa Andayani, SpM(K) dari RS Cipto Mangunkusumo Kirana mengatakan ada alasan mengapa melihat pemandangan baik untuk mata. Alasan pertama adalah dengan melihat jarak jauh maka otot-otot mata akan kembali melemas sehingga memberikannya kesempatan untuk beristirahat.

Kita melihat jarah jauh lebih dari enam meter, Semisal jaraknya adalah 20 meter, maka mata kita itu rileks dan tidak lelah otot matanya.

Pemandangan hijau menjadi nilai tambah karena warna tersebut relatif lebih nyaman pada mata. Hal ini dikarenakan bila seseorang melihat pemandangan di siang hari yang terik, maka sinar berbahaya yang masuk ke mata bisa tak terlalu besar.

Hijau-hijau itu sehat karena efek warnanya dia tak memantulkan cahaya yang berbahaya seperti ultraviolet. Warna hijau itu menyerap dan tidak memantulkan cahaya.


Sumber: http://health.detik.com/read/2015/10/09/200949/3040976/763/ini-alasan-mengapa-melihat-pemandangan-hijau-baik-untuk-mata

0 komentar:

Posting Komentar