20.40.00
0
Blue Ram cichlid, Mikrogeophagus ramirezi adalah salah satu yang terbaik dan paling populer dari semua cichlids. Ia memiliki sejumlah nama-nama umum termasuk: Butterfly Cichlid, Ram Cichlid, Blue Ram, Blue Ram German dan Golden Ram. Meskipun mereka jarang disebut sebagai Butterfly Cichlids lagi, sebagian besar nama-nama lain yang umum digunakan.




Ram Cichlids pertama kali diperkenalkan ke hobi pada tahun 1947 dan digambarkan sebagai Apistogramma ramirezi oleh Meyers dan Harry pada tahun 1948. Meskipun awalnya digambarkan sebagai Apistogramma namun terdapat perbedaan yang jelas sangat berbeda dari ikan genus itu. Pada tahun 1958 nama Microgeophagus pertama kali diusulkan tetapi penggunaan nama ini tidak pernah diadopsi secara luas. Pada tahun 1960 Wickler menyarankan menggunakan "Apistogramma" dalam tanda kutip sebagai pengakuan atas statusnya tidak pasti. Sayangnya, saran ini tidak diikuti dan nama Pseudogeophagus disarankan pada tahun 1969 diikuti oleh Pseudoapistogramma pada tahun 1971. Pada tahun 1977 para ahli ikan Swedia Dr Sven Kullander mempertimbangkan dengan redefinisi lengkap dari genus dan mendirikan nama Papiliochromis. Sebagian menilai bahwa Ram diputuskan dengan nama Papiliochromis sempat diterima secara universal. Namun, pada tahun 1982, perdebatan dimulai lagi karena beberapa penulis menganjurkan untuk adopsi Mikrogeophagus dan pada tahun 1998 Kullander mulai menggunakan nama Mikrogeophagus. Semua ini berarti bahwa sekarang ada kesepakatan umum bahwa Mikrogeophagus adalah nama genus yang benar, namun masih ada kebingungan mengenai ejaan yang tepat dari nama dan itu sangat umum untuk memiliki nama yang dieja dengan Microgeophagus.

Sebuah bentuk dan warna baru Mikrogeophagus ramirezi muncul di pasaran pada akhir musim semi 2009 dan ada jumlah besar tersedia untuk impor dari Asia dan Jerman. Hal ini kemungkinan besar bahwa bentuk berwarna-warni ini adalah hasil persilangan yang hati hati, dipasarkan di bawah sejumlah nama-nama umum termasuk Electric Blue Ram dan Neon Biru Rams .

Apapun nama umum atau ilmiah yang Anda gunakan untuk Rams, mereka adalah ikan yang menakjubkan. Mereka berwarna cerah bak permata yang berkilau dan kilauan cahaya disekujur tubuhnya. Karena mereka pertama kali diperkenalkan, Blue Rams telah menjadi daya tarik dari hobi ini dan tetap salah satu dwarf cichlid yang paling banyak dicari dan banyak dipelihara. Dalam banyak hal mereka adalah salah satu yang sempurna dari dwarf cichlids. Mereka bertubuh kecil dengan ukuran dewasa tidak lebih dari 2 inci. Mereka tidak terlalu agresif. Mereka dapat dengan mudah melahirkan tetapi berhasil membesarkan burayak adalah masalahnya. Rams sangat nyaman dan berada dalam kondisi yang terbaik dengan air asam dan soft. Tapi sebagian besar ikan yang dijual saat ini adalah hasil budidaya dan sudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Rams memang membutuhkan suhu air yang lebih tinggi dari ideal untuk banyak ikan lain dan sebaiknya dipertahankan pada temperatur minimal 80 derajat Fahrenheit atau sekitar 26-27 derajat Celsius.  

Ram Cichlids yang ditemukan di daerah savana dari Orinoco River tengah dan bawah di Venezuela serta kawasan serupa di Columbia. Daerah-daerah savana, atau Llanos. tidak di semua jenis habitat hutan hujan masuk daerah ini adalah dataran kering yang luas yang digunakan terutama untuk peternakan sapi yang dimana Apistogrammas biasanya ditemukan. Menyebar ke seluruh padang rumput kering sejumlah kolam alam dan buatan dimana Rams biasa ditemukan . Kolam ini seringkali sangat dangkal dan terkena sinar matahari langsung dalam kondisi panas terik . Akibatnya air bisa sangat hangat dan kolektor telah menangkap ikan dalam air sehangat 88 derajat F dan secara umum diasumsikan bahwa mereka menghuni perairan jauh lebih hangat di sungai. Di habitat asli mereka air sangat lembut dengan pH rendah. Sebagian menggambarkan nilai pH antara 5 dan 6,5 tetapi ada juga yang menggambarkan serendah 4,6 dan setinggi 7,3 .

Rams adalah omnivora, memakan tumbuhan dan daging. Mereka mengambil apapun makanan hidup kecil. Ketika disimpan di atas substrat pasir mereka menghabiskan berjam-jam memilah pasir melalui insang mereka, menyaring setiap bit makanan yang mereka temukan. Meskipun mereka umumnya damai untuk ikan lain, Rams bisa sangat agresif kepada selain dari spesies mereka. Induk Rams seperti kebanyakan cichlids, adalah pelindung benih mereka yang sangat galak bahkan akan sering melawan ikan pengganggu yang jauh lebih besar dari diri mereka sendiri.

Informasi tentang Ikan Ramirezi:
Nama Umum
Microgeophagus Ramirezi
Nama Ilmiah
Ram Cichlid
Makanan
Omnivora
Reproduksi
Mouth brooder
Pencahayaan
Terang
Tempramen
Semi agresif
Set up Aquarium
driftwood
Prilaku renang
Middle
pH
5 – 6,5
Hardness
7
Temperature (C)
27
Panjang tubuh maks (CM)
5
Volume air minimal (L)
100



Sumber: http://www.greenfishindonesia.com/2014/01/ramirezi.html

0 komentar:

Posting Komentar